Tugas Studentsite Universitas Gunadarma

Jumat, 09 April 2010

Tugas Bahasa Indonesia 3 dan 4

Tugas ke 3
Dua persyaratan pokok yang harus diperhatikan dalam memilih kata (diksi) Yaitu Ketepatan dan Kesesuaian, Sebutkan dan Jelaskan Unsur unsur yang menjadi bagian dari kedua syarat pokok tersebut?

Unsur tersebut adalah: ketepatan adalah kesesuaian pemakain unsur unsur yang mebentuk suatu kalimat sehinggatercipta suatu pengertian yang pasti / masalah ketepatan memiliki kata untuk mengungkapan sebuah gagasan atau ide.
Syarat Ketepatan Pemilihan Kata Terdapat 6 syarat yaitu
1. Dapat membedakan antara denotasi dan konotasi
Contoh : Bunga Mawar, Bunga Bank
2. Dapat membedakan kata kata yang bersinonim
Contoh : Pengubah, Peubah
3. Dapat membedakan kata kata yang hampir mirip dengan ejaannya
Contoh : - Karton - kartun- Preposisi - Proposisi
4. Dapat memahami dengan tepat kata kata abstrak
Contoh : Kebijakan, Kebajikan, Kebijaksanaan
5. Dapat memakai kata penghubung yang berpasang secara tepat
Contoh : Antara......dan....Baik...maupun....
6. Dapat membedakan kata kata umum dan kata khusus.
Contoh : Kata umum : melihat
Kata Khusus : melirik, melotot, mengamati, mengawasi


Kesesuaian adalah kecocokan dalam mempergunakan kata, kecocokan pertama tama mencakup soal kata mana yang yang akan digunakan dalam kesempatan tertentu. walaupun kadang-kadang masih ada perbedaan tambahan berupa perbedaan tata bahasa,pola kalimat, panjang atau kompleknya suatu alinea, dari beberapa segi lain.

Tugas ke 4
Paragraf yang baik adalah paragraf yang mengandung kesatuan, kepaduan dan kelengkapan (pengembangan), Jelaskan maksud pernyataan tersebut kemudian Buatlah contoh paragraf yang memperlihatkan adanya ketiga unsur tersebut di atas?

1. Kepaduan Paragraf
Terdapat dua kalimat penghubung yaitu penghubung intra kalimat. Kata penghubung intra kalimat adalah kata yang menghubungkan anak kalimat dan induk kalimat yang satu dengan yang lain. Pokok pikiran diwujudkan dalam kalimat utama, kalimat utama diletakkan di awal paragraf (deduktif) atau diakhir paragraf (induktif).
2. Kesatuan Paragraf
Tiap paragraf hanya mengandung satu pokok pikiran yang diwujudkan dalam kalimat utama. Kalimat utama diletakkan di awal paragraf dinamakan paragraf deduktif, sedangkan kalimat utama yang diletakkan di akhir paragraf disebut paragraf induktif.
3. Kelengkapan Paragraf
Apabila terdapat di dalamnya kalimat kalimat penjelas secara lengkap untuk menunjuk pokok pikiran atau kalimat utama.

Contoh paragraf yang memperlihatkan adanya ketiga unsur tersebut diatas

Krisis nilai tukar telah menurunkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Nilai tukar rupiah yang merosot tajam sejak bulan Juli 1997 menyebabkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam triwulan ketiga dan triwulan keempat menurun menjadi 2,45 persen dan 1,37 persen. Pada triwulan pertama dan triwulan kedua tahun 1997 tercatat pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 8,46 persen dan 6,77 persen. Pada triwulan I tahun 1998 tercatat pertumbuhan negatif sebesar -6,21 persen.
posted by Tugas Universitas Gunadarma at 06.51

0 Comments:

Posting Komentar

<< Home